Tiga Gim Daring yang Kerap Dimainkan Kimi Hime

Tiga Gim Daring yang Kerap Dimainkan Kimi HimeIlustrasi gim PUBG jadi salah satu judul yang kerap dimainkan Kimi Hime. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

LENSAPANDAWA.COM – Nama pembuat konten gaming Kimberly Khoe atau Kimi Hime mendadak jadi buah bibir setelah menjadi pembahasan saat rapat pendapat Komisi I DPR RI dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Komisi I mendapatkan aduan dari Asosiasi Pengawas Penyiaran Indonesia (APPI) akibat konten videonya dianggap vulgar.

YouTuber yang memiliki pelanggan (subscriber) 2,2 juta ini sebenarnya bukan nama asing bagi pecinta gim. Kimi selama ini dikenal sebagai pembuat konten untuk gim PUBG Mobile dan caster gim (sebutan untuk komentator khusus gim) Dota 2 dan Mobile Legends. Dirangkum dari deskripsi akun YouTube, berikut judul tiga gim daring yang kerap dimainkan Kimi Hime.

PlayerUnknown’s Battleground (PUBG) Mobile

PlayerUnknown’s Battleground (PUBG) awalnya diperuntukan untuk perangkat komputer namun seiring berjalannya waktu pengembang menyediakan gim ini untuk perangkat mobile. Gim PUBG Mobile dirilis pada 2018 lalu oleh Tencent Games dan tersedia untuk sistem operasi Android dan iOS.

Gim baku tembak ber-genre battle royale memungkinkan pemainnya bermain bersamaan hingga 100 orang sekaligus secara daring. Di dalam permainan ini bisa bermain solo dan tim dengan jumlah anggota dua hingga empat orang. Pengguna juga bisa mengundang teman untuk bergabung ke dalam permainan sebagai tim.

Namun, buntut dari penembakan membabi buta di Selandia Baru menewaskan puluhan korban jiwa mendorong Majelis Ulama Indonesia (MUI) berencana mengeluarkan label haram untuk gim PUBG Mobile.

Dota 2

Defense of the Ancients 2 atau Dota 2 dibuat oleh pengembang gim Blizzard Entertainment Amerika dan dirilis pertama kali pada Juli 2013. Gim ini hanya tersedia di perangkat komputer Windows, Mac OS dan Linux.

Permainan ini dimainkan sebanyak 10 orang yang terbagi ke dalam dua tim yaitu Radiant dan Dire. Dota dimulai dengan setiap pemain memilih satu hero (karakter) dari kumpulan hero yang ada. Pengembang menyediakan setidaknya lebih dari 100 hero. 

Tujuan permainan ini adalah untuk mempertahankan bagunan Ancient (sebutan untuk bangunan kuno di permainan Dota) yang dimiliki masing-masing tim dan menghancurkan Ancient lawan. Tiap permainan berdurasi sekitar 20 sampai 50 menit.

Mobile Legends

Gim ini dikembangkan dan dirilis oleh Moonton Developer. Mobile Legends merupakan gim khusus untuk perangkat Android dan iOS. Mobile Legends terhitung sukses mencuri perhatian pecinta gim sejak 2016 silam.

Sama halnya dengan Dota, gim ini juga dimainkan oleh 10 orang yang terbagi atas dua tim dengan masing-masing anggota memilih satu hero (karakter).

Tujuan utama permainan Mobile Legends adalah untuk menghancurkan base (markas) lawan. Terdapat tiga lane (jalur) utama yakni middle, top, dan bottom lane. Masing-masing lane dijaga oleh Turret (objek utama yang harus dihancurkan) yang akan menyerang musuh secara otomatis.

Permainan berakhir ketika base salah satu tim hancur. Biasanya durasi Mobile Legends berkisar 15 menit untuk satu ronde.

Comment here