Modal Ratusan Juta Modifikasi Ertiga, Jimny, dan Carry

Modal Ratusan Juta Modifikasi Ertiga, Jimny, dan CarrySuzuki Jimny generasi keempat yang dimodifikasi bikin tampilannya makin galak. (CNN Indonesia/Daniela)

LENSAPANDAWA.COM – Mobil menarik di stan Suzuki di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) bukan cuma generasi keempat Jimny, masih ada lagi barang pameran lain yang menggoda buat dicermati, yaitu tiga mobil modifikasi khusus.

Tiga mobil itu berbasis model produksi massal, yakni Carry, Ertiga, dan Jimny. Desain modifikasinya menjadi bukti bahwa ketiganya punya bakat lain yang bisa dieksplorasi lebih jauh.

Carry

Pikap Carry dirombak secara keseluruhan dengan pelaburan cat berwarna biru. Bak yang pada umumnya digunakan buat angkut barang dibikin klimis dan dijadikan lokasi menempatkan perangkat sistem suspensi udara.

Sebagian besar eksterior Carry mengalami perubahan, yaitu pada bumper, gril, lampu utama yang dibuat menyipit, dan penyematan lampu day time running light (DRL). Spion konvensional juga telah diganti dengan kamera.

Suzuki mengganti pelek standar bawaan pabrik kemudian dibalut ban berukuran 165/40/17 untuk bagian depan dan 225/35/17 di belakang. Pada lampu belakang kini sudah dimodifikasi menggunakan LED.

Suspensi udara yang dipasang bikin bodi Carry bisa naik-turun, setingan kaki-kaki tinggi bisa dipakai waktu lagi dikemudikan kemudian ganti ceper waktu parkir.

“Jadi modifikasi ini mengingatkan pada masa lalu, Carry sering digunakan slalom,” kata Head of Product Development & Accessories SIS divisi roda empat Yulius Purwanto di ICE BSD, Tangerang, Kamis (25/7).

Ertiga

Mengusung konsep ‘luxury, Ertiga kini tampak bukan seperti mobil keluarga pada umumnya. Ertiga berpenampilan lebih ‘elegan’ melalui penambahan aksesori eksterior.

Gril mobil ini diubah, sementara pelek diganti dengan lingkar diameter lebih besar. Pada sisi suspensi ada ubahan sehingga mobil itu menjadi lebih ceper. Sementara di kabin, jok baris kedua diberi sandaran tangan.

Ertiga desain khusus ini belum bisa dipastikan apakah bakal berlanjut ke produksi massal. Meski begitu perlu dipahami pengangkatan status konsep menjadi barang jualan sudah pernah terjadi sebelumnya saat Suzuki memajang Ertiga bergaya sport kemudian diwujudkan dalam versi produksi bernama Ertiga Suzuki Sport .

“Seperti Ertiga Sport, awalnya ya seperti ini. Jadi dengan konsep Luxury ini kami juga akan sekalian survei,” kata Yulius.

Jimny

Jimny yang memiliki sistem penggerak 4WD memang cocok digunakan untuk kegiatan menantang, contohnya olahraga offroad. Hal ini yang coba diakomodasi Suzuki buat memenuhi hal itu dengan mengubah Jimny menjadi lebih berotot dan lebih siap tempur.

Modifikasi Jimny meliputi bumper khas mobil offroad yang sudah terpasang dua buah lampu tambahan jenis LED merek ARB Australia dan alat derek Warn M8000.

Suspensi juga sudah diganti sehingga membuat penampilannya lebih jangkung. Ada pula lampu tambahan pada bagian kap, sementara itu bumper belakang diubah dan ditambah pijakan kaki samping.

Pelek dan ban juga diganti untuk menyesuaikan kebutuhan olahraga injak-injak tanah. Demi menambah kesan galak, bodi dilabur kombinasi warna hijau dan hitam. Permukaan cat itu mirip material pelapis yang digunakan di bak pikap kabin ganda.

Terakhir Suzuki menambahkan penyangga pada pintu belakang untuk meletakkan ban cadangan.

Harga

Yulius menjelaskan Suzuki mengeluarkan biaya tidak sedikit buat mengubah penampilan ketiga mobil itu. Buat Ertiga dikatakan menghabiskan Rp90an juta, Jimny Rp140 juta, dan Carry Rp180an juta. Biaya belum termasuk ongkos atau jasa pemasangan.

“Tapi jangan dianggap kalau nanti dijual harganya bakal segitu (kenaikannya). Itu kan konsep. Kalau direalisasikan pasti akan lebih ekonomis dong,” ucapnya.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Comment here