Cara Benar Bersihkan Bodi Mobil yang Kena Abu Vulkanis

Cara Benar Bersihkan Bodi Mobil yang Kena Abu VulkanisBodi mobil ditutupi abu vulkanis. (Foto: CNN Indonesia/Adhi wicaksono)

LENSAPANDAWA.COM – Abu vulkanis dari erupsi Gunung Tangkuban Parahu pada Jumat (26/7) sore sekitar pukul 15.48 WIB bisa merusak bagian luar kendaraan. Yang dikhawatirkan adalah partikel-partikel abu vulkanis bisa menyebabkan baret pada kaca dan bodi mobil.

Pemilik kendaraan harus tahu caranya membersihkan abu vulkanis dari bodi kendaraan guna menjaga penampilan mobil.

Perlu dipahami bahwa abu semburan gunung merapi terbentuk dari material berupa potongan kecil batuan bergigi, mineral, dan kaca. Ukurannya sekitar 2 mm atau 0,8 inci, bahkan bisa lebih kecil dari itu. Jika dipegang dengan tangan, partikelnya terasa seperti tekstur pasir.

Berikut tips mudah membersihkan abu vulkanis pada bodi kendaraan:

1. Siram dengan air

Hal pertama yang harus dilakukan siram bodi kendaraan dengan air bersih secara merata. Pastikan semua bagian bebas dari abu.

2. Jangan langsung diusap

Kita hanya boleh menyiramnya atau menyemprotkan air menggunakan selang tanpa harus mengusap. Ini untuk mencegah goresan pada bodi mobil akibat abu yang terlanjur menumpuk.

3. Bersihkan dengan Sabun

Setelah memastikan abu tersebut rontok semua, segera gosok seluruh bodi dengan menggunakan sampo. Upayakan menggunakan sampo dengan kadar keasaman (PH/Potential Hydrogen) rendah. Setelah itu bilas dan keringkan bodi kendaraan dengan menggunakan lap khusus.

4. Tutup dengan sarung pembungkus mobil

Buat kita yang tinggal di kawasan Gunung Merapi aktif, upayakan membungkus kendaraan dengan sarung penutup mobil jika di parkir di luar ruangan. Cara ini dapat melindungi mobil dari hujan abu vulkanis yang kapan pun bisa terjadi.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Comment here