Elektronik dan Perangkat Mobile Kontribusi Utama Marketplace

Elektronik dan Perangkat Mobile Kontribusi Utama MarketplaceIlustrasi belanja daring. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

LENSAPANDAWA.COM – Marketplace Blibli mencatat selama delapan tahun beroperasi kontribusi pertumbuhan tercepat berasal dari kategori elektronik dan mobile, disusul kategori fesyen dan barang digital.

CEO Blibli Kusumo Martanto mengatakan selain empat kategori tersebut secara keseluruhan 16 kategori juga mengalami peningkatan pada semester pertama 2019. Menurutnya rata-rata pertumbuhan semua kategori mencapai dua kali lipat.

Berbanding terbalik dengan kontribusi transaksi, Kusumo menyebut pertumbuhan mitra merchant tercepat justru dari kategori Blibli Mart. Kategori ini menyediakan kebutuhan sehari-hari untuk pengguna.

“Pertumbuhan paling cepat adalah Blibli Mart. Kalau kontribusi paling besar itu elektronik termasuk mobile. Kemudian fesyen dan barang digital,” jelas Kusumo dalam acara ulang tahun kedelapan Blibli.com, di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Jumat (26/7).

Kusumo menerangkan pertumbuhan mitra merchant Blibli Mart saat ini mencapai 250 persen dengan pemesanan meningkat hingga 400 persen pada semester pertama 2019.

Menyoal kategori khusus produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) lokal pada kategori Galeri Indonesia, Kusumo menyebut pertumbuhan merchant mencapai 250 persen dengan penambahan produk hingga 380 persen pada semester pertama 2019.

“Kami mencatat telah memiliki 10 ribu UMKM. Kami akan terus lakukan promosi sebagai pekerjaan rumah untuk pedagang yang memproduksi produk secara lokal,” ucapnya.

Hingga periode yang sama, Kusumo mengatakan Blibli sudah memiliki 15 hingga 20 juta pengguna aktif bulanan dengan rata-rata 60 juta kunjungan per bulan. Melihat fakta ini, Kusumo menyebut pertumbuhan pemesanan mencapai 400 persen pada paruh pertama 2019.

Monthly active user 15 sampai 20 juta. Itu kira-kira kalau berapa traffic 60 juta per bulan,” tandasnya.

Comment here