NASA Rilis Gambar Gugusan Galaksi dari Observatorium Chandra

NASA Rilis Gambar Gugusan Galaksi dari Observatorium ChandraIlustrasi. (AFP PHOTO / Ye Aung THU)

LENSAPANDAWA.COM – Setelah 20 tahun diluncurkan, Observatorium Chandra X-Ray NASA merilis enam gambar gugusan galaksi yang baru ditangkap. Dilansir dari Space, NASA merilis enam gambar yang menunjukkan cahaya dari rasi bintang kecil hingga struktur gugusan galaksi yang besar.

Direktur pusat sinar-X Chandra Belinda Wilkes mengungkapkan observatorium tersebut tetap tak tertandingi dalam kemampuan menemukan dan mempelajari sinar-X.

“Karena hampir setiap sumber astronomi memancarkan sinar-X, kita membutuhkan teleskop seperti Chandra untuk sepenuhnya melihat dan memahami alam semesta kita,” jelas Wilkes.

Misi Chandra telah berkembang dengan pemahaman manusia tentang ruang. Ketika diluncurkan dua dekade lalu, observatorium ini hanya ‘menangkap’ beberapa exoplanet yang diketahui.Namun, saat ini, Chandra secara rutin mengamati bagaimana radiasi bintang mempengaruhi planet yang mengorbitnya. Gelombang gravitasi (riak besar dalam ruang-waktu) hanya teori pada 1999, tetapi sekarang Chandra mengamati hasil merger lubang hitam dan peristiwa lain yang menghasilkannya.

Teleskop ini juga terlibat dalam pengamatan yang belum melakukan transisi itu, seperti studi tentang energi gelap, fenomena yang kurang dipahami yang diyakini membentuk sebagian besar alam semesta manusia.

Observatorium Chandra berasal dari nama penerima Hadiah Nobel Subrahmanyan Chandrasekhar, seorang astrofisikawan Amerika-India. Observatorium ini diluncurkan pada 23 Juli 1999. Chandrasekhar melakukan perjalanan ke luar angkasa dengan pesawat ulang-alik Columbia dan telah mengorbit Bumi dan menyaksikan langit sejak saat itu.

Gagasan untuk Chandra sudah ada sejak lebih dari 40 tahun yang lalu, dengan proposal asli Riccardo Giacconi dan Harvey Tananbaum pada 1976. Giacconi menerima Hadiah Nobel Fisika 2002 karena kontribusinya dalam astronomi sinar-X, dan Tananbaum adalah direktur pertama dari Chandra X-Ray Center, yang mengoperasikan instrumen.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Comment here