Nissan Pangkas 10 Persen Model Global, Termasuk Datsun

Nissan Pangkas 10 Persen Model Global, Termasuk DatsunDatsun GO. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

LENSAPANDAWA.COM – Nissan Motor Corporation (NMC) pada pekan lalu dikabarkan berniat memangkas setidaknya 10 persen produk portfolio global pada 31 Maret 2022. Hal ini dipahami merupakan bagian renovasi besar yang juga meliputi pemangkasan 12.500 pekerja NMC di seluruh dunia.

Saat ini NMC memiliki 60 nama model yang ditawarkan di seluruh dunia menggunakan merek Nissan, Infiniti, dan Datsun.

Diberitakan Automotive News, Senin (29/7), saat konferensi pers pekan lalu, CEO NMC Hiroto Saikawa menyampaikan pengurangan produk ini fokus pada kendaraan kecil, termasuk pada model Datsun yang sekarang ditawarkan di Indonesia, India, Afrika Selatan, dan Rusia.

Di pasar Amerika Serikat, korban pertama adalah hatchback Versa Note yang sudah disampaikan tidak akan dijual setelah model 2019. Menurut analis yang bicara pada Automotive News, sedan Sentra juga statusnya bisa menyusul.

Bukan hanya itu, disebutkan juga mobil sport coupe Infiniti Q60 dan Nissan 370Z yang penjualannya tidak bagus dikatakan kemungkinan bakal dipangkas.

NMC sedang mengambil tindakan mengamankan diri seiring penurunan pendapatan tahunan. Jalur yang ditempuh yakni memangkas produksi dan mengendalikan biaya operasional.

NMC telah menyatakan bakal memberhentikan 12.500 karyawan hingga 2022, saat ini diketahui perusahaan mempekerjakan 139 ribu karyawan di seluruh dunia.

Direktur Utama Nissan Motor Indonesia Isao Sekiguchi mengonfirmasi pernyataan soal pemangkasan karyawan NMC, namun dia enggan mengungkap dampaknya pada operasional di dalam negeri.

Pabrik Nissan yang ada di Indonesia saat ini sudah tidak lagi memproduksi model selain Datsun GO, GO+, dan GO Cross. Generasi baru Nissan Livina yang dijual NMI sekarang merupakan produksi pabrik Mitsubishi.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Comment here