Kelebihan Pasokan Cip, Laba Samsung Turun 56 Persen

Kelebihan Pasokan Cip, Laba Samsung Turun 56 PersenIlustrasi. (REUTERS/Kim Hong-J)

LENSAPANDAWA.COM – Samsung membukukan penurunan laba sebesar 56 persen pasca kelebihan pasokan cip memori. Dilansir dari Reuters, penurunan laba dan prospek yang membayangi pasar cip telah mencapai titik terendah.

Diproyeksikan pasar cip akan pulih di babak kedua.

“Selain ketidakpastian yang sudah tinggi yang disebabkan oleh konflik perdagangan global yang berkepanjangan, lingkungan eksternal mengenai bisnis komponen kami baru-baru ini berada di bawah tantangan baru yang signifikan,” Robert Yi, Kepala Hubungan Investor Samsung.

Seperti perusahaan teknologi global lainnya, Samsung telah dirugikan oleh perang dagang yang berlangsung lama antara Amerika Serikat dan China. Mereka pun dirugikan karena pertengkaran yang meningkat antara Jepang dan Korea Selatan kemungkinan akan menekan hasil kuartal ketiga.Outlook dari pemimpin pasar cip diawasi ketat oleh investor sebagai barometer untuk permintaan smartphone dan elektronik lainnya.

Pesaing Korea Selatan yang lebih kecil, SK Hynix yang juga telah mengungkap kemungkinan gangguan dalam pembuatan chip karena pembatasan Jepang, mengatakan akan memangkas investasi dan produksi untuk mengurangi pasokan.

Samsung sebagai pembuat smartphone terbesar di dunia, mengatakan bisnis selulernya pun ikut lemah. Laba operasional dalam bisnis chip Samsung, penghasil terbesarnya anjlok 71 persen menjadi 3,4 triliun won, dari 11,6 triliun won setahun sebelumnya.

Bisnis seluler membukukan keuntungan 1,6 triliun won dalam hasil kuartal terbaru. Jumlah ini turun 42 persen dari tahun lalu.Samsung diperkirakan terbebani oleh penjualan model andalan yang lambat dan peningkatan biaya pemasaran.

Samsung bertaruh bahwa dua produk ponsel kelas atas mereka akan diluncurkan di babak kedua. Termasuk perangkat lipat pertama yang diharapkan menghidupkan kembali keuntungan. Tetapi kelemahan di pasar ponsel pintar global kemungkinan akan membatasi setiap kenaikan.

Ponsel Galaxy Lipat Samsung akan mulai dijual mulai September di pasar tertentu. Analis mengatakan berita utama tentang gangguan dengan sampel Folds akan mengurangi kegembiraan konsumen di sekitar peluncuran.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Comment here