Evoque yang Interiornya Terbuat dari Sampah Plastik Masuk RI

Evoque yang Interiornya Terbuat dari Sampah Plastik Masuk RIGenerasi kedua Range Rover Evoque meluncur di Indonesia. (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

LENSAPANDAWA.COM – Range Rover Evoque generasi terbaru masuk pasar otomotif Tanah Air di Jakarta, Jumat (2/8). Berbagai penyempurnaan telah dilakukan meliputi eksterior, interior, hingga teknologi pada mobil yang sudah mendebut global pada November lalu itu.

Menariknya, Evoque kini punya pilihan buat calon pembeli yang ingin lebih peduli pada lingkungan. Di interior, material kulit sebagai pelapis merupakan opsi standar namun Ranger Rover juga menyediakan bahan lain yang berasal dari olahan daur ulang.

Wahana Auto Ekamarga (WAE) selaku distributor Jaguar Land Rover di Indonesia menjual Evoque baru di atas Rp1,7 miliar.

New Range Rover Evoque pionir SUV compact luxury di dunia yang telah terjual lebih dari 770 ribu unit di seluruh dunia termasuk hampir 300 unit terjual di Indonesia sejak 2013 lalu,” ujar Jentri Izhar, Brand Director Jaguar Land Rover di bilangan Senayan, Jakarta Selatan, pada Jumat (2/8).

Bahan daur ulang itu bernama kvadrat. Material yang merupakan kombinasi campuran wol, kain katun, dan 53 botol plastik ini ditata menjadi pelapis kabin sebagai alternatif bahan kulit. Bahan daur ulang itu jika ditotal beratnya 33 kg.

“Yang terbuat dari 53 botol plastik daur ulang per mobil,” ucap Jentri.

Selain kvadrat, pelanggan Evoque juga mendapatkan pilihan bahan lain yaitu, tekstil serat alami dari pohon eucalyptus. Setiap opsi tersebut dipastikan tetap menawarkan nuansa elegan dan premium di dalam kabin.

Evoque dengan pelapis kulit dibanderol Rp1,7 miliar (off-the-road), sedangkan untuk interior dengan kvadrat harganya disebut ‘bakal disesuaikan’.Bukan cuma soal pelapis interior, mobil impor utuh dari Inggris ini diklaim lebih luas dibanding generasi pertama, terutama di ruang kaki berkat jarak sumbu roda yang bertambah 21 mm.

Di eksterior, profil khas Evoque yang mengandung siluet serupa coupe tetap dipertahankan dengan garis atap menurun ke belakang.

Mobil ini juga punya kaca spion tengah pintar yang bisa menampilkan video dengan sekali sentuhan. Layar ini bakal memantau bagian belakang kendaraan melalui kamera belakang.

Selain lebih optimal karena tidak akan terhalang penumpang belakang, sudut penglihatan juga menjadi 50 derajat lebih luas.

Sumber tenaga mobil ini berasal dari pada mesin Ingenium 4-silinder segaris 2.000 cc dengan imbuhan turbocharger, yang mampu menghasilkan tenaga puncak 245,5 hp dan torsi maksimal 365 Nm. Mesin berpadu transmisi otomatis delapan percepatan buatan ZF yang telah dilengkapi Command Shift.

Fitur lain sebagai pendukung berkendara di antaranya Wade Sensing yang mampu mendeteksi genangan hingga 600 mm. Selain itu ada juga fitur All Terrain Progress Control (ATPC), Hill Descent Control (DSC) dan Low Traction Launch.

Hingga akhir tahun ini kuota Evoque terbaru hanya 15 unit.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Comment here