43 calon haji Embarkasi Batam gagal berangkat

43 calon haji Embarkasi Batam gagal berangkatSekretaris PPIH Embarkasi Hang Nadim Batam Afrizal (ANTARA/Naim)

LENSAPANDAWA.COM – Sebanyak 43 orang calon haji Embarkasi Hang Nadim Batam dari Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat dan Jambi gagal berangkat pada pemberangkatan musim haji 2019.

"Dari kuota 12.990 orang calon haji, yang jadi berangkat 12.947 orang. Sebanyak 43 orang batal," kata Sekretaris Panitia Pelaksana Inadah Haji Embarkasi Hang Nadim Batam, Afrizal, Minggu.

Ia mengatakan dari 43 orang yang gagal, sebanyak delapan orang meninggal di daerah, 23 orang sakit dan 12 orang mengundurkan diri.

Alasan pengunduran diri beragam di antaranya belum siap. Namun, ia memastikan tidak ada yang gagal berangkat karena hamil.

Embarkasi Haji Hang Nadim Batam telah menunaikan tugasnya memberangkatkan 29 kelompok terbang pada musim haji ini.

Afrizal mengatakan, pelaksanaan pemberangkatan relatif sukses, berdasarkan hasil evaluasi PPIH yang dilakukan secara menyeluruh.

Beberapa hal yang menjadi catatan, antara lain pelayanan kesehatan di Bandara Hang Nadim, untuk jamaah Embarkasi Haji Antara Riau dan Jambi.

"Karena jamaah sudah melakukan perjalanan panjang dari daerah asalnya, kemudian di embarkasi haji antara, baru ke Bandara Hang Nadim, jadi letih," kata dia.

Kemudian, jamaah juga harus menunggu waktu pemberangkatan ke Tanah Suci di Bandara Hang Nadim, sehingga kondisi kesehatan menurun.

"Tenaga kesehatan berjaga terus di Bandara," kata dia.*

Demikian berita ini dikutip dari ANTARANEWS.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Comment here