Samsung Disebut Sematkan Grafis Khusus Komputer untuk Ponsel

Samsung Disebut Sematkan Grafis Khusus Komputer untuk PonselIlustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)

LENSAPANDAWA.COM – Samsung dikabarkan akan merilis ponsel yang disematkan grafis khusus yang selama ini digunakan untuk perangkat komputer dan laptop, AMD Radeon. Ponsel tersebut kabarnya akan diperkenalkan pada 2021.

Kerja sama antara perusahaan teknologi raksasa dunia asal Korea Selatan dan AMD diklaim akan memberikan peningkatan kinerja grafis ponsel yang signifikan.

Kemitraan ini juga memungkinkan AMD untuk mengiklankan perangkat mereka yang selama ini dikenal lewat ponsel atau tablet khusus gaming melalui merek Samsung.

“Adopsi teknologi grafis Radeon kami di seluruh PC, konsol gim, dan cloud telah tumbuh secara signifikan dan kami sangat senang sekarang bermitra dengan Samsung untuk mempercepat inovasi grafis di pasar ponsel,” kata Presiden dan CEO AMD Lisa Su dikutip lama resmi AMD.

“Kemitraan strategis ini akan memperluas jangkauan grafis Radeon kami yang berkinerja tinggi ke pasar ponsel. Selain itu secara siginifikan memperlauas basis pengguna dan ekosistem Radeon.”

Mengutip Notebook Check, kedua perusahaan menyepakati dua hal yaitu AMD akan melisensikan IP grafis khusus berdasarkan arsitektur grafis RDNA yang digunakan pada perangkat seluler dan produk lainnya.

Kesepakatan kedua yakni Samsung akan membayar lisensi dan royalti untuk teknologi AMD.

Selain menggandeng Samsung, AMD diketahui juga bekerja sama dengan raksasa teknologi lain seperti Microsoft, Sony, dan Intel untuk menawarkan produk yang dipasok grafis AMD Radeon.

Comment here