Israel,Yunani, Siprus dan AS tingkatkan kerja sama energi

Israel,Yunani, Siprus dan AS tingkatkan kerja sama energiIlustrasi: Qatar akan luncurkan bank energi terbesar di dunia. (antaranews.com) (antaranews.com/)

LENSAPANDAWA.COM – Yunani, Israel, Siprus dan juga Amerika Serikat sepakat meningkatkan kerja sama energi, dunia maya dan keamanan infrastruktur, menurut Menteri Energi Yunani Kostis Hatzidakis, Rabu, seusai empat menteri dari masing-masing negara bertemu di Athena.

Penemuan gas alam di Mediterania Timur dalam satu dekade terakhir menjadikan kawasan tersebut sumber energi alternatif yang layak bagi Eropa, namun juga menunjukkan perselisihan yang berlangsung lama antara negara tetangga mengenai hak atas sumber daya.

Pertemuan tripartit kawasan antara Israel dan Siprus, yang telah membuat banyak penemuan, dan Yunani, yang hendak menjadi penghubung, baru-baru ini diperluas untuk melibatkan Amerika Serikat.

"Energi mampu menjadi sebuah jembatan bagi stabilitas politik yang lebih luas," kata Wakil Menteri Energi AS Frank Fannon kepada awak media.

Menteri Energi Siprus, Yiorgos Lakkotrypis, mengatakan telah menerima jaminan dukungan penuh dari mitranya Israel, Yunani dan juga AS atas hak negaranya untuk mencari sumber daya alam.

Sumber: Reuters

Demikian berita ini dikutip dari ANTARANEWS.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Comment here