Alasan Motor 4-tak Pakai Rantai Keteng, dan 2-tak Tidak Pakai

Alasan Motor 4-tak Pakai Rantai Keteng, dan 2-tak Tidak PakaiIlustrasi timing chain. (Foto: Istockphoto/Thomas-Soellner)

LENSAPANDAWA.COM – Pertanyaan: Kenapa sepeda motor 4-tak atau empat langkah menggunakan rantai keteng atau timing chain, sedangkan motor 2-tak tidak?

@bimoutm

Jawaban

Mesin 2 langkah adalah mesin yang melakukan pembakaran setiap dua langkah dari piston di mana satu langkah piston adalah 1 pergerakan piston dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas.

Dengan demikian mesin 4 langkah adalah mesin yang melakukan pembakaran setiap 4 langkah dari piston.

Salah satu perbedaan prinsip dari ke dua mesin ini adalah bahwa mesin 4 langkah mempergunakan klep untuk pengaturan masuknya udara ke ruang bakar serta keluarnya asap hasil pembakaran ke luar dari ruang bakar, sedangkan mesin 2 langkah menggunakan gerakan piston dan saluran-saluran udara dan asap yang dirancang untuk itu.

Di mesin 4 langkah, buka tutupnya klep ini harus sinkron dengan naik turunnya piston, dan untuk mengatur sinkronisasi ini, dipergunakan rantai atau belt yang menghubungkan kruk as dengan noken as (camshaft), di mana komponen noken as itu yang akan menekan dan membuka klep.

Provis – Tangerang, Banten (IG Provisautolab)

CNNIndonesia.com mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Comment here