Dinkes Sumut tingkatkan kesiagaan hadapi penyebaran virus corona

Dinkes Sumut tingkatkan kesiagaan hadapi penyebaran virus coronaSekretaris Dinkes Sumut, dr Aris Yudhariansyah. (ANTARA/Evalisa Siregar)

LENSAPANDAWA.COM – Dinas Kesehatan Sumut meningkatkan kesiagaan menghadapi penyebaran virus corona dan meminta masyarakat menjaga kesehatan agar daya tahan tubuh semakin kuat.

"Meski hingga saat ini belum ada masyarakat Sumut yang terserang, tetapi kewaspadaan terus ditingkatkan," ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut, dr Aris Yudhariansyah di Medan, Minggu.

Dia mengatakan itu mewakili Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Alwi Mujahit Hasibuan saat dikonfirmasi mengenai deklarasi darurat WHO soal virus corona.

Kesiagaan dilakukan dengan berbagai cara sembari terus mengikuti arahan dari Kementerian Kesehatan RI.

Menurut Aris, penularan virus corona dari selaput, mulai selaput mata, hidung, mulut dan termasuk kulit (meski lebih lama/sulit).

"Jadi kalau terkena virus itu, korban dan orang terdekat harus diisolasi. Penggunaan masker saja tidak cukup," katanya.

Dia menyebutkan, di Sumut rumah sakit yang memiliki ruang isolasi sesuai standar WHO adalah RSUP H Adam Malik dan RS USU.

Oleh karena itu, ujar Aris, Pemprov Sumut sudah menyepakati, laporan menyangkut virus corona itu hanya bersumber dari Dinas Kesehatan Sumut, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan RSUP H Adam Malik.

"Masyarakat diminta menerapkan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) dengan cara melakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta tidak merokok untuk membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat untuk menghadapi virus corona," katanya.

Aris menegaskan, pihak KKP di Bandara Kualanamu sudah juga meningkatkan kewaspadaan.

Demikian berita ini dikutip dari ANTARANEWS.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Comment here