Kandas di Internasional, Xpander AP4 Cari Asa di Reli Lokal

Kandas di Internasional, Xpander AP4 Cari Asa di Reli LokalXpander AP4 dijadwalkan mengikuti NZRC Goldrush Rally of Coromandel pada 16 – 17 Agustus 2019 di Moewai Park Whitianga, Selandia Baru. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)

LENSAPANDAWA.COM – Xpander AP4, mobil keluarga jenis MPV dengan spesifikasi reli, dijadwalkan bakal menjalani debut balapan pada Maret di Indonesia. Ini merupakan jadwal terbaru setelah kans debut reli internasional di Selandia Baru pupus pada tahun lalu.

Rifat Sungkar, duta merek Mitsubishi di Indonesia sekaligus pencetus proyek Xpander AP4, menjelaskan, mobil ini bakal mengikuti ajang Sprint Rally di Jambi pada 27 Maret 2020. Kata dia, balapan itu menjadi yang pertama diikuti Xpander AP4.

Menurut Rifat, saat ini animo reli di Indonesia sedang tinggi. Dia mengatakan kejuaraan daerah yang bisa diikuti Xpander AP4 pada tahun ini lagi banyak, sekitar 10 seri. Di luar itu, Rifat juga bilang ada seri balapan lain yang bisa dijajal Xpander AP4.

“Xpander AP4 akan ikut total 16 seri [balapan reli] di Indonesia,” ucap Rifat saat ditemui di Gianyar, Bali, Rabu (5/1).

Rifat meyakini Xpander AP4 merupakan mobil tujuh penumpang pertama yang dipakai balapan reli, hal ini dikatakan belum pernah dilakukan di dunia. Dia bilang Xpander AP4 punya misi ‘membumikan’ reli yang selama ini dikenal mahal dan mesti punya modal mobil spesifikasi khusus.

Xpander merupakan salah satu model di segmen paling laris di dalam negeri, yakni low MPV. Menjadikannya ikut balapan dikatakan bisa mendekatkan reli ke populasi pemilik low MPV yang besar.

“Sejujurnya Xpander ini senjata saya untuk menaikan hype reli di Indonesia,” kata Rifat.

[Gambas:Video CNN]

Spesifikasi AP4

AP4 adalah kelas reli yang muncul pada 2015 atas inisiasi induk olah raga otomotif di Selandia Baru (Motorsport New Zealand/MSNZ) dan Australia (Confederation of Australia Motorsport/CAMS). Tujuan kelas khusus kawasan Asia Pasifik dan Australia ini dibuat sebagai alternatif kelas R5 di World Rally Championship (WRC).

Sebelumnya Xpander AP4 dijadwalkan mengikuti NZRC Goldrush Rally of Coromandel pada 16 – 17 Agustus 2019 di Moewai Park Whitianga, Selandia Baru. Rifat pernah mengatakan ingin mengibarkan bendera Merah Putih di garis finis balapan yang digelar bertepatan dengan Hari Kemerdekaan itu.

Buat memenuhi ambisi itu, Rifat membentuk Xpander Rally Team dan membawa Xpander ke divisi performa Mitsubishi, Ralliart, di Selandia Baru agar bisa disesuaikan regulasi AP4. Modifikasi oleh Ralliart sudah selesai 100 persen namun balapan tak jadi dilakukan sebab terkendala homologasi.

Regulator balapan, FIA, menyatakan butuh waktu untuk melakukan homologasi pada Xpander AP4 sampai sebulan, padahal biasanya untuk mobil lain cuma perlu dua pekan. FIA butuh waktu lebih lama sebab sebelumnya belum pernah ada MPV yang ikut kelas AP4.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Comment here