Astronaut Perempuan Terlama di Ruang Angkasa Kembali ke Bumi

Astronaut Perempuan Terlama di Ruang Angkasa Kembali ke BumiChristina Koch (kanan) memecahkan rekor sebagai perempuan terlama di luar angkasa dan kini sudah kembali mendarat di Bumi. (NASA via AP)

LENSAPANDAWA.COM – Astronaut NASA Christina Koch akhirnya kembali ke Bumi dengan selamat pada Kamis (7/1). Kepulangan Kosch sekaligus memecahkan rekor sebagai wanita yang terlama di luar angkasa. Koch telah tinggal hampir 11 bulan di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Melansir AFP, Koch mendarat pada 09:12 GMT di padang rumput Kazakhstan setelah 328 hari di ruang angkasa bersama dengan Luca Parmitano dari Badan Antariksa Eropa (ESA) dan Alexander Skvortsov dari Badan Antariksa Rusia (Roscosmos).

Dalam rekaman video badan antariksa Roscosmos dari lokasi pendaratan, Koch tampak tersenyum lebar setelah keluar dari pesawat ruang angkasa Soyus yang membawanya kembali ke Bumi. Ia meluncur ke ISS pada 14 Maret 2019.

“Saya sangat kewalahan dan bahagia sekarang,” kata Koch.

Koch yang  merupakan insinyur kelahiran Michigan berusia 41 tahun berhasil mengalahkan rekor astronaut perempuan NASA Peggy Whitson yang mengudara di antariksa selama 289 hari untuk satu misi.

Meski demikian, Koch menilai Whitson yang kini berusia 60 tahun sebagai inspirator dan mentor dalam program luar angkasa yang dilakukannya. Dia juga berbicara tentang keinginannya untuk menginspirasi generasi penjelajah berikutnya.

Setelah berhasil mendarat, Koch akan menuju ke kantor pusat NASA di Houston, melalui kota Kazakh Karaganda. Setelah itu, dia juga akan menjalani tes medis di Cologne, Jerman.

[Gambas:Video CNN]

Data medis Koch dinilai akan sangat berharga bagi para ilmuwan NASA karena badan tersebut sedang menyusun rencana untuk misi berawak jangka panjang ke Mars.

Melansir The Washington Post, Koch adalah seorang ilmuwan dari North Carolina yang bergabung dengan korps astronaut pada 2013, kelas pertama dalam sejarah NASA yang memiliki astronaut wanita sebanyak pria.

Koch dan Jessica Meir yang masih berada di ISS melakukan spacewalk wanita pertama ketika mereka melangkah keluar stasiun ruang angkasa untuk memperbaiki pengisi daya baterai yang rusak.

Secara keseluruhan, Koch melakukan enam wahana antariksa, termasuk tiga dengan Meir. Koch diketahui menghabiskan total 42 jam dan 15 menit di luar stasiun.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Comment here