Fenomena Alam yang Bisa Disaksikan Selama Februari 2020

Fenomena Alam yang Bisa Disaksikan Selama Februari 2020Ilustrasi fenomena langit. (Screenshot via web Nasa.gov)

LENSAPANDAWA.COM – Langit di Indonesia akan menampilkan berbagai fenomena alam yang bisa disaksikan masyarakat pada Februari. Fenomena yang akan terjadi di Indonesia mulai dari hujan meteor hingga bulan purnama.

Observatorium Bosscha dalam lewat akun Instagram mengumumkan semua fenomena alam yang bisa disaksikan di Indonesia. Fenomena alam tersebut adalah sebagai berikut.

1 Februari, M44 (Messier 44) Beehive Cluster

Messier 44 adalah gugus bintang yang terletak di rasi bintang Cancer. Fenomena dapat dilihat dengan binokular standar dan dapat diamati mulai pukul 17:53 WIB.

2 Februari, Bulan Pada Fase Kuartal Pertama (Perbani Awal)

Fenomena fase bulan ini dapat disaksikan di wilayah Jakarta dan sekitarnya pada 18.30 WIB. Bulan akan tampak sejak Matahari terbenam sampai tengah malam saat bulan terbenam.

9 Februari, Puncak Hujan Meteor Centaurid

Hujan meteor ini bisa diamati mulai pukul 21:47 WIB sampai jelang fajar. Centaurid akan mencapai titik kulminasi menjelang pukul 05.00 WIB.

Dikutip dari Langit Selatan, pada puncak hujan meteor, pengamat bisa melihat 6-7 meteor per jam dengan kecepatan 58 km/ detik.

9 Februari, Bulan Purnama

Bulan akan berada di atas cakrawala sejak Matahari terbenam sampai fajar menyingsing. Fenomena ini dapat diamati dengan mata telanjang.

[Gambas:Video CNN]

16 Februari, Bulan Pada Fase Kuartal Terakhir (Perbani akhir)

Bulan terbit tengah malam dan terbenam siang hari. Bulan bisa diamati pada pukul 23.38 WIB sampai jelang fajar.

18 Februari, Konjungsi Mars dengan Bulan

Para pengamat langit harus bersiap-siap melihat peristiwa yang tidak biasa ini. Bulan akan meluncur di depan Mars. Dalam waktu yang sama, Bulan dan Mars juga akan mendekati Bumi. 

Fenomena ini bisa diamati di seluruh Amerika Utara, Amerika Tengah, bagian Utara Amerika Selatan, Kuba dan Haiti. Di Jakarta sendiri, Mars dan Bulan akan terlihat di langit pada pukul 01.55 WIB hingga 05.46 WIB.

20 Februari, M81 Galaksi Bode

Fenomena dapat diamati mulai pukul 19.02 WIB dan dapat dilihat dengan menggunakan binokular. Pada 20 Februari, M81 akan berada di titik tertinggi di langit.

[Gambas:Instagram]

20 Februari, Konjungsi Bulan dengan Jupiter

Bulan sabit dan Jupiter akan memiliki kenaikan yang sama sehingga tampak berpasangan di ufuk timur. Dalam waktu yang bersamaan kedua objek juga mendekati Bumi. Fenomena bisa diamati pada pukul 02.58 WIB.

27 Februari, Konjungsi Bulan dengan Venus

Venus dan Bulan sabit juga akan terlihat berdekatan di langit pada 27 Februari di rasi Pisces setelah Matahari terbenam. Masyarakat bisa menikmati fenomena ini dengan mata telanjang pada pukul 18.26 WIB.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Comment here