Booth ANTARA di pameran HPN diserbu peserta lomba presenter TV

Booth ANTARA di pameran HPN diserbu peserta lomba presenter TVBooth ANTARA di pameran HPN 2020 di Banjarmasin, Minggu (9/2/2020) ANTARA/Firman

LENSAPANDAWA.COM – Perum LKBN ANTARA berpartisipasi dalam pameran Hari Pers Nasional (HPN) 2020 bertajuk "Expo Media Pers" di siring tugu Nol Kilometer Banjarmasin Jalan Jenderal Sudirman.

Selama dua hari, yakni Sabtu (8/2) dan Minggu (9/2), Booth ANTARA diserbu ratusan peserta lomba presenter TV dan reportase.

"Tercatat ada 108 peserta, sangat luar biasa peminatnya masyarakat di sini. Bahkan tak hanya dari Kota Banjarmasin tapi wilayah kabupaten yang cukup jauh," terang Sekretaris Perusahaan ANTARA Iswahyuni di Banjarmasin, Minggu.

Bahkan menurut Yuni, sapaan akrab Sekper ANTARA, banyak kaum muda milenial mulai pelajar hingga mahasiswa yang sangat berbakat menjadi presenter ataupun reporter.

"Semuanya bagus-bagus, penuh semangat ikut lomba. Bahkan ada beberapa yang harus kita tolak karena sudah penuh, takutnya tidak sempat dites berhubung waktu terbatas," ucapnya.

Bahkan turunnya hujan tak menyurutkan semangat peserta untuk tetap ikut dan dengan sabar mengantri menunggu giliran tampil di studi mini yang ada di Booth ANTARA.

Peserta lomba presenter TV mengenakan kostum unik ala wanita Suku Adat Dayak. ANTARA/Firman

Dari hasil penilaian tim juri para jurnalis redaksi video Kantor Berita ANTARA, terpilih dua peserta terbaik yang mendapatkan hadiah berupa handphone.

Mereka adalah Wafa Kaila dari Kota Banjarbaru dengan skor penampilan nilai 8, artikulasi 8, intonasi 8, tempo 8 dan penguasaan panggung 8.

Sementara satunya Hayatun Nufus asal Kabupaten Tabalong dari SMPN 7 Muara Uya dengan skor akhir penampilan nilai 10, artikulasi 7, intonasi 8, tempo 8, dan penguasaan panggung 8.

Pemenang bisa mengambil hadiah ke Kantor Biro ANTARA Kalimantan Selatan di Jalan Brigjen H Hasan Basry No 1 Banjarmasin.

Selain mengikuti pameran pers, pada HPN kali ini ANTARA juga menggelar sejumlah kegiatan lain seperti ANTARA Goes to Campus di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) dengan tema "Nge-vlog Bareng Kantor Berita Antara".

Peserta lomba presenter TV yang tampil begitu percaya diri di Booth ANTARA. (antara/foto/firman)

Kemudian ANTARA juga dipercaya menyelenggarakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Banjarmasin yang diikuti sebanyak 30 wartawan dari 6 provinsi, dimana 10 di antaranya jurnalis perempuan.

Yuni menambahkan, pihaknya memang menargetkan generasi milenial untuk disasar literasi dan sosialisasi, sehingga lebih mengenal apa itu kantor berita dan bagaimana cara kerja wartawan.

"Karena di ANTARA itu komplit ada produk wartawan tulis, ada foto maupun video. Bahkan kita sekarang juga mengembangkan vlog dan karya info grafis di portal antaranews.com," pungkasnya.

Diharapkan pula, misi ANTARA yang kini dipimpin Direktur Utama, Meidyatama Suryodiningrat untuk mengembangkan jurnalisme Indonesia yang mendidik, mencerahkan, dan menyatukan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dapat terwujud seutuhnya.

Demikian berita ini dikutip dari ANTARANEWS.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Comment here