Penyebab Air Menetes dari Knalpot Mobil

Penyebab Air Menetes dari Knalpot MobilIlustrasi mobil. (CNN Indonesia/Febri Ardani)

LENSAPANDAWA.COM – Pertanyaan:

Mengapa air menetes dari knalpot saat mesin dingin?

@mas_nugrahaa87

Jawaban:

Air yang keluar dari knalpot tidak mengindikasikan mesin mobil rusak. Air tersebut keluar karena proses kimia. Ini umumnya terjadi di pagi hari.

Penjelasannya karena ada embun yang terjebak di knalpot imbas temperatur belum panas. Bila temperatur mesin akan mulai meningkat, embun dengan sendirinya terbuang keluar dari knalpot karena dorongan gas buang.

Ini bisa diilustrasikan seperti gelas yang dingin dikeluarkan dari lemari es, lalu terkena udara yang temperaturnya lebih panas, maka akan terbentuk butiran-butiran air.

Hal ini adalah normal dan sering dijadikan tanda bahwa pembakaran berjalan dengan baik. Setelah mesin panas maka tetesan air tidak nampak lagi.

Cukup unik terjadi di mesin-mesin yang sudah diterapkan formula TUSS, nampaknya tetesan air ini bisa menjadi lebih lama dari biasanya.

Provis – Tangerang, Banten (IG Provisautolab)

CNNIndonesia.com mempersilakan Anda menanyakan soal problem kendaraan roda empat dan roda dua, dan akan dijawab oleh praktisi otomotif yang berpengalaman puluhan tahun.

Jawaban akan tayang setiap hari Minggu di rubrik Konsultasi Otomotif. Yuk, tulis pertanyaanmu di kolom komentar media sosial CNNIndonesia.

Comment here