SUV Fortuner Meluncur, Tenaga Besar dan Varian Baru Legender

SUV Fortuner Meluncur, Tenaga Besar dan Varian Baru LegenderToyota Fortuner Legender. (Dok. Toyota Thailand)

LENSAPANDAWA.COM – Toyota secara resmi meluncurkan desain baru Fortuner di Thailand pada Kamis (4/6). Secara keseluruhan perubahannya kadar major change dengan pembaruan eksterior bagian depan dan belakang, upgrade sistem hiburan, serta tambahan tenaga.

Toyota menyediakan tiga varian basis Fortuner dengan pilihan mesin 2.400 cc. Selain itu Toyota juga menciptakan varian baru bernama Legender yang tersedia opsi mesin 2.400 cc dan 2.800 cc, AWD.

Semua varian itu tersedia dalam transmisi otomatis dan tak ada TRD Sportivo. Tidak seperti di Indonesia, Toyota tak menjual Fortuner tipe transmisi manual di Thailand.

Perubahan paling kentara di varian basis yakni wajah Fortuner menggunakan gril lebih besar dan tebal. Bumper jadi terlihat lebih modern dengan strip berwarna perak.

Hal baru lainnya yakni pada desain lampu besar, DRL, dan lampu belakang LED. Selain itu SUV medium ini juga mendapat penyegaran desain pada pelek 18 inci.

Varian Legender terkesan lebih kekar dengan berbagai penambahan elemen pada eksterior. Bagian gril mirip Lexus, lampu besar terintegrasi desain baru LED DRL yang membuatnya terlihat lebih modern.

Di belakang lampu-lampu menggunakan bentuk LED baru, lantas penampilan keseluruhan disempurnakan desain pelek baru 20 inci. Legender bisa dibedakan dengan varian basis dengan penggunaan warna eksterior two tone, setengah bodi sampai atapnya berwarna hitam.

Panel instrument Fortuner facelift telah diperbarui, sistem hiburan dilengkapi Apple CarPlay dan cas ponsel tanpa kabel. Legender mendapatkan penerangan LED, satu sentuhan melipat jok baris kedua, pelapis permukaan lembut, dual-zone automatic climate control, dan membuka pintu belakang dengan gerakan kaki.

Mesin diesel 2.800 cc Fortuner kini bisa mengeluarkan tenaga lebih besar, yakni 204 PS dan torsi 500 Nm. Sebelumnya mesin yang sama cuma menghasilkan 177 PS dan torsi 450 Nm.

Bukan cuma tenaga yang besar, Toyota juga mengatakan perubahan internal mesin memangkas bising dan getaran.

Mesin 2.400 cc juga bertenaga lebih besar, dari 150 PS menjadi 153 PS. Sementara torsinya sama, yakni 400 Nm.

Fortuner mendapatkan fitur baru bernama variable flow control yang berfungsi meringankan kemudi ketika kecepatan lambat dan semakin kaku saat kecepatan tinggi. Selain itu untuk pertama kalinya Fortuner mendapatkan Toyota Safety Sense (TSS) yang meliputi pre-collision system, adaptive cruise control dan lane departure alert.

Fortuner sudah bisa dipesan di Thailand, namun distribusi ke konsumen dikatakan mulai Juni. (fea)