Umat Hindu Bali Rayakan Hari Galungan

 

Lensapandawa.com. Tubaba – Umat Hindu Bali Tiyuh Mulya Jadi Kecamatan Gunung Terang Kabupaten Tulang Bawang Barat akan rayakan hari Galungan yang jatuh pada hari Rabu, 10 November 2021. Hari raya Galungan dirayakan oleh umat Hindu Bali setiap 210 hari, dengan menggunakan perhitungan kalender Bali yaitu pada hari Budha Kliwon Dungulan (Rabu Kliwon wuku Dungulan) sebagai hari kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan).

Pemangku Umat Hindu Tiyuh Mulya Jadi, Ketut Arka menyampaikan bahwa saat ini umat Hindu sedang mempersiapkan upacara perayaan hari Galungan.

“Kita sudah melakukan persiapan yang dalam istilah Hindu disebut Yadnya, seperti sesajen, penjor untuk penyambutan (galungan-red), yang jatuh pada hari Rabu Kliwon. Untuk perayaan Galungan kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, sebab kita sudah boleh Sembahyang bersama meskipun dibatasi”, terangnya 09/11/2021.

Selanjutnya Ketut Arka menguraikan bahwa “Galungan merupakan perayaan hari kemenangan Dharma melawan Adharma, yang dalam artinya bahwa dalam diri kita (manusia-red) mempunyai sifat negatif dan positif, jadi kita berusaha menetralisir kekuatan negatif agar lebih kepada positif. Seperti halnya Adhama merupakan bentuk negatif dari diri kita yang mengandung kejahatan, amarah, dengki, iri yang harus dihilangkan dalam diri kita dan mengarah pada cinta kasih kepada sesama (Dharma). Oleh karena itu dalam perayaan hari galungan, saya mengajak kepada kita semua agar menyebarkan cinta kasih kita kepada sesama, dengan seluas-luasnya”, harapnya. (SAHMEN)

Comment here