CEGAH PEREDARAN NARKOBA, KEPALA BNN LAMPUNG AKAN BENTUK BNN TUBABA

 

Lensapandawa.com// Tubaba – Dalam rangka mencegah peredaran Narkoba diwilayah Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Lampung melakukan kunjungan kerja dan sosialisasi terkait pencegahan dan penindakan terhadap para pelaku Tindak Pidana Penyalah Gunaan Narkoba. Kunjungan kerja dan sosialisasi tersebut dilaksanakan di Taman Kebaikan kompleks Kota Budaya Uluan Nughik. Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Bupati Tubaba, Kapolres Tubaba, Kejari, Kejati, Ketua DPRD Tubaba, serta Ormas/OKP se-Tubaba (25/11/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Tubaba, Ir.Umar Ahmad, SP. menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang atas kehadiran segala pihak, khususnya Kepala BNN Provinsi Lampung beserta rombongan di Kabupaten Tulang Bawang Barat dalam rangka kunjungan kerja, sebagai salah satu upaya ikhtiar kita semua untuk menjadikan Tulang Bawang Barat ini menuju Tubaba. Karena syarat untuk menuju Tubaba tentu sekali salah satunya adalah warganya harus sehat. Dan bagian dari sehat itu tentunya juga harus terbebas dari gerakan-gerakan penyalah gunakan Narkotika.

“Selanjutnya, untuk teori tentang Narkotika, tentu sekali kami serahkan sepenuhnya ke pihak BNN untuk menjelaskan, serta arahan-arahannya akan menjadi bekal dalam proses bagaimana memerangi Narkotika diwilayah Kabupaten Tulang Bawang Barat, mengingat percepatan peredaran Narkoba mungkin 10 ribu kali lebih cepat dari upaya pencegahan, sebab para pengedar narkoba tidak memerlukan syarat formil untuk pengrekrutan agent-agent pengedar. Oleh karenanya, secara bersama kita harus memformat agar laju proses ini bisa lebih cepat melalui stelsel yang lebih baik lagi”, demikian disampaikan Bupati Tubaba.

Selanjutnya, Kepala BNN Provinsi Lampung, Brigjen.Pol. Drs. Edi Swasono menyampaikan keperihatinannya terhadap peredaran narkoba dikalangan generasi muda, dan bahkan keprihatinan ini juga terjadi dikalangan instansi pemerintahan. untuk itu, guna menekan peredaran narkoba di Tubaba, maka BNN Tubaba akan segera dibentuk, sebagai salah satu upaya memutus mata rantai peredaran Narkoba, khususnya di Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Dalam wawancara, kepala BNN Provinsi Lampung menyampaikan “terkait prosedur pembentukan BNN Tubaba pertama fasilatasi dari pihak Pemda berupa sarana, tempat dan lahan yang sudah bersertifikat dan diajukan ke BNN Pusat. Kedua kerangka struktur yang komponennya bukan hanya dari ASN murni, tetapi juga dari tenaga kesehatan. Selanjutnya tadi kajian akademiknya sudah masuk ke kami dan tentu sekali akan kami prioritaskan, termasuk hibah lahan (seluas 3000 M -red) untuk gedung BNN Tubaba tadi, untuk itu kami berterimakasih ke Pak Bupati karena kami (BNN red-) baru mau meminta saja, beliyau sudah berbuat”.

“Mengapa harus segera kita bentuk BNN Tubaba, karena memang kita analis, Tubaba ini sebenarnya daerah marketing, daerah korban penyalah gunaan narkoba. Oleh karena, dengan adanya BNN disini, program rehabilitasi akan kita prioritaskan, dengan dukungan fasilitas dan infrastruktur yang lengkap dari RSUD Tubaba. Untuk anggaran rehabilitasi, tentu sekali memerlukan payung hukum, oleh karenanya perlu dibentuk Perdanya (Peraturan Daerah -red) lebih dahulu, agar semua SKPD bisa menganggarkan untuk rehabilitasi”, ungkapnya. (Sahmen)

Comment here