Ilmuwan Jepang Mulai Cari Lubang Hitam Terisolasi

0
147
Ilmuwan Jepang Mulai Cari Lubang Hitam TerisolasiFoto lubang hitam yang dirilis oleh peneliti. (Event Horizon Telescope Collaboration/Maunakea Observatories via AP)

LENSAPANDAWA.COM – Lubang hitam atau sering disebut black hole merupakan salah satu misteri alam semesta yang hingga saat ini belum diketahui kepastiannya. Namun, tak terhitung ilmuwan dan astronom yang meneliti lubang hitam.

Lubang hitam selama ini dikaburkan oleh perisai gravitasi yang tidak dapat ditembus. Namun, semakin canggih teknologi membuat ilmuwan dan astronom mencari berbagai cara untuk bisa ‘menembus’ lubang hitam.

“Sudah waktunya untuk menemukan semua lubang hitam yang hilang (IBH-Isolated Black Hole).”

Dilansir dari Space, kalimat tersebut merupakan argumen yang diutarakan oleh ahli astrofisika Jepang. Dia menulis sebuah penelitian yang bejudul ‘Lubang Hitam Terisolasi’.IBH tersebut diduga mengisi galaksi namun tidak diketahui keberadaannya. IBH yang tidak diketahui jumlahnya tersebut hilang dalam kegelapan, menyeruput materi dari medium antarbintang, debu dan benda-benda lainnya mengambang di antara bintang-bintang.

Space menuliskan, jika para astronom dapat menyaring gelombang itu dari semua ‘keramaian isi galaksi’, mereka mungkin dapat menemukan lubang hitam yang tak terlihat ini.

“Cara naif untuk mengamati IBH adalah melalui emisi sinar-X mereka,” tulis para peneliti dalam makalah mereka.

Pasalnya, saat lBH menyedot materi dari luar angkasa, materi di pinggirannya berakselerasi dan membentuk apa yang dikenal sebagai disk akresi. Masalah dalam disk itu bergesekan dengan dirinya sendiri saat ia berputar menuju horizon peristiwa, di mana titik lubang hitam yang tidak bisa kembali.

Perputaran maju tersebut memuntahkan sinar-X dalam proses. Tidak ada cukup materi atau energi dalam disk akresi untuk membuat tanda tangan X-ray besar. Dan pencarian masa lalu untuk lubang hitam menggunakan sinar-X telah gagal menghasilkan hasil yang konklusif.”Arus keluar ini mungkin dapat membuat lubang hitam terdeteksi dalam panjang gelombang lain,” tulis para peneliti, Daichi Tsuna dari University of Tokyo dan Norita Kawanaka dari Kyoto University, menulis dalam makalah mereka.

“Aliran keluar dapat berinteraksi dengan materi di sekitarnya dan menciptakan guncangan tanpa tabrakan yang kuat di antarmuka. Guncangan ini dapat memperkuat medan magnet dan mempercepat elektron, dan elektron ini memancarkan radiasi synchrotron dalam panjang gelombang radio.”

Dengan kata lain, aliran keluar yang meluncur melalui media antarbintang harus membuat elektron bergerak dengan kecepatan yang menghasilkan gelombang radio.

Simon Portegies Zwart, seorang astrofisika di Leiden University di Belanda melihat makalah buatan ilmuwan Jepang sangat menarik.

Portegies Zwart juga telah mempelajari pertanyaan tentang lubang hitam yang juga dikenal sebagai black hole menengah.

“Ini akan menjadi cara yang bagus untuk menemukan lubang hitam menengah” Portegies Zwart kepada Live Science.

“Saya pikir dengan LOFAR [Array Frekuensi Rendah di Belanda], penelitian semacam itu seharusnya sudah dimungkinkan, tetapi sensitivitasnya dapat menimbulkan masalah.”Lubang hitam bermassa bintang kadang terdeteksi dalam sistem biner dengan bintang biasa, karena sistem biner dapat menghasilkan gelombang gravitasi dan bintang pendamping dapat menyediakan bahan bakar untuk semburan sinar-X besar.

Sedangkan lubang hitam supermasif memiliki cakram akresi yang memancarkan begitu banyak energi sehingga para astronom dapat mendeteksi dan bahkan memotretnya.

Tetapi IBH, di antara dua jenis lainnya, jauh lebih sulit untuk dideteksi. Ada beberapa benda di ruang angkasa yang diduga para astronom adalah IBH, tetapi hasilnya tidak pasti.

Tetapi penelitian sebelumnya, termasuk makalah 2017 dalam jurnal Monthly Noticeices dari Royal Astronomical Society, yang ditulis bersama Portegies Zwart, menunjukkan jutaan dari mereka bisa bersembunyi di sana.

Tsuna dan Kawanaka menulis bahwa prospek terbaik untuk survei radio IBH mungkin melibatkan penggunaan Square Kilometer Array (SKA), teleskop radio multi-bagian yang akan dibangun dengan bagian-bagian di Afrika Selatan dan Australia.

Teleskop ini dijadwalkan memiliki total area pengumpulan gelombang radio 1 kilometer persegi (0,39 mil persegi). Para peneliti memperkirakan bahwa setidaknya 30 IBH memancarkan gelombang radio bahwa SKA akan dapat mendeteksi selama fase pertama yang dijadwalkan untuk tahun 2020.

Mereka menulis SKA lengkap (dijadwalkan untuk pertengahan 2020-an) harus dapat mendeteksi hingga 700.

SKA tidak hanya dapat melihat gelombang radio dari IBH ini, tetapi juga harus dapat memperkirakan jarak ke banyak dari mereka secara tepat. Ketika waktu itu tiba, akhirnya, semua lubang hitam yang hilang ini harus mulai keluar dari persembunyian.

Berita sebelumyaYuan di pasar luar negeri mencapai titik terendah
Berita berikutnyaTurun 56 persen calhaj Jateng yang dirujuk ke RS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here