Ahli Jelaskan Alasan Menhub Diisolasi Usai Sembuh Corona

0
305
Ahli Jelaskan Alasan Menhub Diisolasi Usai Sembuh CoronaMenhub Budi Karya dinyatakan sembuh corona. (CNN Indonesia/Artho Viando)

LENSAPANDAWA.COM – Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto mengizinkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pulang usai menjalani perawatan medis karena terinfeksi virus corona Covid-19. Namun, Budi diminta untuk melakukan isolasi diri selama 14 hari usai keluar dari RS.

Kepala Laboratorium Rekayasa Genetika Terapan dan Protein Desain LIPI Wien Kusharyoto mengatakan isolasi 14 hari usai keluar dari RS untuk meyakinkan kondisi pasien setelah dinyatakan sembuh.

“Isolasi untuk meyakinkan bahwa setelah 14 hari tidak muncul lagi gejala Covid-19,” ujar Wien kepada CNNIndonesia.com, Rabu (15/4).


Wien mengatakan orang yang menjalani isolasi setelah keluar dari RS akan tetap menjalani tes Covid-19. Hal itu dilakukan untuk memastikan masih ada atau tidaknya Covid-19 di tubuh pasien yang sudah keluar dari RS.

Untuk Budi yang merupakan menteri, Wien mengatakan tes ulang saat isolasi akan dilakukan. Namun, untuk sebagian besar pasien sembuh yang setelah 14 hari tidak lagi muncul gejala mungkin tidak dilakukan.

Lebih lanjut, Wein berkata orang yang benar-benar dinyatakan sembuh dari Covid-19 adalah orang yang sudah tidak memiliki gejala selama 14 hari isolasi mandiri dan dinyatakan negatif dalam tes RT-PCR. Orang sembuh dari Covid-19, lanjut dia, tidak lagi dapat menularkan virusnya.

“Orang yang sudah benar-benar sembuh tersebut malah bisa menjadi bagian dari shield immunity, semacam perantara untuk interaksi antara orang sehat dengan orang yang positif SARS-CoV-2, dalam penyediaan jasa dan barang misalnya,” ujarnya.

Adapun alasan orang sembuh bisa menjadi shield immunity, dia berkata karena yang bersangkutan sudah memiliki antibodi yang mencegah dirinya dari kemungkinan terinfeksi kembali dan juga tidak lagi dapat menularkan virusnya.

“Dia juga dapat berfungsi sebagai donor untuk memperoleh convalescent plasma. Dari convalescent plasma dapat diisolasi antibodi yang dapat membantu proses netralisasi virus pada pasien yang membutuhkan,” ujar Wien.

Melansir European CDC, pasien disarankan untuk melanjutkan isolasi selama 14 hari setelah keluar dari RS. Pemantauan kesehatan juga dilakukan selama proses tersebut.

Selain itu, pasien yang sedang melakukan isolasi pasca keluar dari RS harus tetap memakai masker, tinggal di satu ruangan dengan ventilasi yang baik, mengurangi kontak dekat dengan anggota keluarga, makan secara terpisah, menjaga kebersihan tangan, dan menghindari kegiatan di luar ruangan untuk melindungi anggota keluarga dan masyarakat dari infeksi dan penyebaran Covid-19 lebih lanjut. “Dianjurkan agar pasien yang pulang harus melakukan kunjungan tindak lanjut setelah 2 dan 4 minggu,” kutip ECDC.

(jps/DAL)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here