Debut Cross, SUV Pertama Toyota Pakai Nama Corolla

0
146
Debut Cross, SUV Pertama Toyota Pakai Nama CorollaToyota Corolla Cross. (Dok. Toyota Thailand)

LENSAPANDAWA.COM –

Toyota memperluas keluarga Corolla dengan meluncurkan satu model tambahan, SUV bernama Corolla Cross, di Thailand pada Kamis (9/7). Mobil baru ini menjadi upaya lanjutan Toyota ‘menyerang’ pasar crossover setelah Yaris Cross meluncur pada April lalu.

Corolla merupakan nama mobil Toyota yang sudah digunakan sejak 54 tahun lalu. Sebelum Corolla Cross terbit nama Corolla sudah digunakan pada model sedan, hatchback, dan station wagon.

Corolla Cross dirancang menggunakan platform baru Toyota New Global Architecture C (TGNA-C) yang sama dipakai pada Corolla sedan dan hatchback, C-HR, Prius, serta Lexus UX.

Ukuran wheelbase Corolla Cross sama seperti C-HR, yakni 2.640 mm, namun dimensi bodinya lebih besar yakni panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm. Secara posisi produk Corolla Cross berada di atas C-HR dan di bawah RAV4.

Beda dari C-HR yang dirancang stylish, Corolla Cross mengedepankan fungsional sebuah SUV seperti RAV4. Corolla Cross yang muat lima penumpang memiliki desain eksterior membulat dengan grill besar di bagian depan.

Lantas di sekeliling bodi bagian bawah terdapat cladding (kelongsong) dan roof rail di atap untuk menambah kesan SUV.

Toyota Thailand menawarkan dua opsi mesin, yakni bensin 1.800 cc 2ZR-FBE dengan 140 hp dan 175 Nm dan mesin hybrid yang mengkombinasikan 1.800 cc 2ZR-FXE (98 hp dan 142 Nm) dan motor listrik 600 volt (72 hp dan 163 Nm).

“Ini adalah produk baru di kategori baru yang belum pernah dimiliki Toyota sebelumnya di segmen SUV, dan Thailand menjadi negara pertama di dunia yang memperkenalkan All-New Corolla Cross,” kata Michinobu Sugata, President of Toyota Motor Thailand Company Limited, dalam keterangan resmi.

(ryh/fea)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here