Operator Buka Blokir Internet di Sebagian Papua

0
146
Operator Buka Blokir Internet di Sebagian PapuaIlustrasi (CNN Indonesia/Andry Novelino)

LENSAPANDAWA.COM – Operator telekomunikasi yang memiliki jaringan di Papua dan Papua Barat menyebut telah membuka akses internet sesuai dengan arahan pemerintah. Hal ini seperti diungkap Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata.

“Sudah, sesuai arahan Kominfo, termasuk wilayah-wilayahnya,” jelas Denny Abidin, Vice President Corporate Communications Telkomsel, saat dihubungi via pesan teks, Kamis (9/5).

Pembukaan internet tersebut menurutnya sudah dilakukan sejak Rabu (4/9) mulai pukul 23.00 WIT.

“Telkomsel akan menunggu arahan dan instruksi selanjutnya dari Kementrian Kominfo untuk pembukaan blokir layanan data/internet Telkomsel di wilayah lainnya di Provinsi Papua dan Papua Barat,” demikian tertulis dalam siaran persnya.

Hal serupa juga diungkap Indosat yang menyebut telah membuka layanan internet mereka di sebagian wilayah Papua dan Papua Barat.

“Sesuai dengan arahan dari Pemerintah, Indosat Ooredoo telah melakukan normalisasi sebagian layanan data sehubungan dengan telah kondusifnya situasi di beberapa daerah di Papua dan Papua Barat,” tulisnya.

XL Axiata juga menyebut sudah membuka blokir internet di Papua.

“Kami sudah buka pemblokiran di Papua sejak semalam karena sudah ada arahan dari pemerintah,” jelas Dian Siswarini, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (9/5).

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyebut pembukaan akses dilakukan setelah mempertimbangkan sudah mulai pulihnya kondisi beberapa kabupaten di Papua dan Papua Barat.

Pembukaan akses internet ini dilakukan secara bertahap mulai Rabu (4/9) pukul 23.00 WIT atau pukul 21.00 WIB.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here