Disdukcapil Tubaba Fokus Terhadap Pelayanan Identitas Kependudukan Digital 

0
111

Tulang Bawang Barat, Lensapandawa.com

Berbagai Target Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tulangbawang Barat Provinsi Lampung Tahun 2022 telah terlampaui dan terealisasi berjalan dengan baik.

Kepala Disdukcapil Tubaba, Drs, Ahmad Hariyanto,MM, melalui Seketaris Johanuddin.SE.,MM mengatakan, berbagai Target yang harus dicapai merupakan Target Nasional Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI), ujarnya kepada wartawan, pada selasa (22/11/2022).

Menurut Johanuddin Target Disdukcapil Tubaba pada tahun 2022 berjalan sesuai target yang sudah di tetapkan oleh Ditjen Dukcapil pusat semua sudah terlampaui baik kepemilikan KTP-e, kepemilikan Akta Kelahiran, kepemilikan Kartu Identitas Anak.

“Pembuatan dokumen sudah bisa cetak mandiri artinya dari costumer service (CS DUKCAPIL) yang berada di tiyuh- tiyuh sudah bisa mengajukan serta menginfud pembuatan dokumen kependudukan melalui aplikasi, tersedia di E-Smile Tubaba atau via whatsapp selanjutnya mengaploud semua persyaratan sesuai dengan regulasi berlaku selanjutnya, disdukcapil akan memverifikasi benar atau tidak data tersebut,” tuturnya.

Seketaris Disdukcapil Tubaba Johanuddin juga mengutarakan Setelah proses verifikasi selesai akan di lakukan TTE (Tanda Tangan Elektronik) Oleh Kepala Dinas. Selanjutnya dokumen tersebut sudah bisa dikirim kembali dalam bentuk file pdf ke bersangkutan dan bisa langsung di cetak mandiri khusus Dokumen KK akta Kelahiran akta Kematian dan SKPWNI.

“Bersosialisasi kepada masyarakat itu adalah tugas yang kontinyu untuk memberi pengertian bahwa dokumen kependudukan ini penting pada dasarnya, capil itu tidak melakukan pelayanan dasar tetapi melakukan dasar pelayanan,” sampainya.

Johanuddin menyampaikan, betapa pentingan dokumen kependudukan karena semakin hari di tuntut semakin sinkron, terutama untuk kepentingan imigrasi BPJS Perbankan. Sekolah serta kepentingan lain, oleh karenanya dihimbau kepada masyarakat Tubaba untuk peduli terhadap dokumen kependudukan. seandainya masih ada dokumen yg kurang singkron maka sejak dini hal tersebut sudah bisa di benahi.

 

“Program Identitas Kependudukan Digital kita sudah dimulai sejak tahun 2022 tahun 2023 akan lebih ditingkatkan lagi cakupannya prosesnya bisa mengunduh aplikasi di play store terutama yang sudah mempunyai handpone android,” Ungkap johanuddin.

 

Johanuddin mengemukakan Aplikasi tersebut merupakan program pusat di tujukan ke daerah saat masih tahap di uji cobakan untuk pegawai capil dan ASN dilingkup pemkab Tubaba kemudian nantinya baru ke masyarakat luas.

“Ini sangat menguntungkan Selain mengurangi penggunaan kertas, blangko serta lebih praktis. Selain itu juga rutinitas pelayanan home service maupun jemput bola wajib ktp terutama di sekolah-sekolah karena wajib KTP (U 17) 75 – 80% berada di SLTA sederajat baik Negeri Maupun Swasta dan pondok pesantren,” tuturnya

Dia juga mengharapakan kepada semua pihak untuk dapat membantu mensosialisaikan berbagai program disdukcapil tubaba untuk mempermudah dalam bidang pelayanan kepada masyarakat.

“Untuk mensukseskan semua program tersebut kami mengharapkan dukungan dari semua pihak dan temen-temen media baik itu dari media cetak maupun media elektronik agar dapat membantu mensosialisasikannya, ketika dokumen itu sudah bagus kita dapat pergunakan untuk kepentingan dan tidak ada kendala, karena perubahan dokumen itu super dinamis,” tukasnya 

 

(Uya/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here