KPM PKH Kecewa, Satu Tahun Bantuan PKH Tidak Cair

Lensapandawa.com. Tulang Bawang Barat – Beberapa Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mengeluh akibat bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tidak kunjung cair seperti tahun-tahun yang lalu. Hal ini terjadi di Tiyuh/Desa Karta Raharja, Kecamatan Tulang Bawang Udik, Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Beberapa KPM, SUWATI, SURATEMI dan SUMINI (15/11/2021) telah mendatangi Kantor Cabang Pembantu Bank Mandiri Daya Asri, guna memastikan buku rekeningnya berisi saldo PKH atau tidak. Adapun keluhan KPM berpariasi, ada yang keluar uangnya, tapi berasnya gak keluar, bahkan ada yang tidak keluar sama sekali.

“Kami sudah antri mulai dari jam 08.00 pagi hingga jam 10.30, untuk mengecek rekening kami. Namun menurut penjelasan salah satu pegawai bahwa untuk mengecek rekening koran ibuk harus di dampinggi petugas pendamping PKH yang ada di Tiyuh/Desanya, dan lebih lanjut pegawai bank menjelaskan kalau tidak ada pendamping kami nanti harus menjelaskan dua kali”, ungkap Sumini.

“Kami mendatangi pihak Bank, karena kartu PKH kami tidak keluar uangnya terhitung sekitar bulan Maret 2021, tapi kalau beras keluar, tapi ada juga yang uangnya keluar, berasnya tidak keluar”.

Selanjutnya, Yunif Nur Ahmad, selaku Kepala Cabang Pembantu Bank Mandiri saat ditemui awak media, menjelaskan “memang betul untuk Penerima Keluarga Harapan yang ingin mempunyai kepentingan ngeprint rekening koran/buku rekening¬†PKH harus dengan pendamping¬†atau petugas PKH, guna menghindari miskomunikasi baik penerima PKH atau petugas pendamping PKH. Karna kami terkadang menjelaskan berkali kali”, terangnya.

Atas persoalan tersebut, beberapa KPM PKH berharap agar pihak-pihak terkait, khususnya Dinas Sosial dapat memberi penjelasan dan solusi kepada para KPM PKH, sehingga permasalahan ini tidak berlarut-larut. (SM)

Comment here