Mati Listrik Buat Jumlah Konsumen E-Commerce Turun

Mati Listrik Buat Jumlah Konsumen E-Commerce TurunIlustrasi. (CNN Indonesia/Safir Makki)

LENSAPANDAWA.COM – Dampak pemadaman listrik () ternyata turut berimbas terhadap industri e-commerce. Penurunan jumlah pengunjung dicatat oleh Shopee pada Minggu (4/8).

Country Brand Manager Shopee Rezki Yanuar mengatakan pemadaman listrik tersebut berdampak pada jumlah pengunjung yang menyambangi platform Shopee.

“Pemadaman listrik secara besar-besaran kemarin berdampak pada jumlah kunjungan ke aplikasi kami. Terdapat sedikit penurunan kunjungan pengguna sekitar lima persen,” kata Rezki saat dihubungi CNNIndonesia.com, Selasa (6/8).

Rezki menjelaskan saat ini daya listrik telah berangsur pulih. Shopee berjanji untuk menjaga kegiatan bisnis di seluruh ekosistem berjalan seperti biasa. Dihubungi terpisah, Tokopedia menolak untuk menyebutkan angka penurunan pesanan atau pengunjung saat blackout. Tokopedia hanya mengatakan pemadaman listrik tidak berdampak signifikan terhadap platform.

“Tidak ada dampak signifikan terhadap ekosistem kami. Kami akan terus berupaya untuk memastikan semua layanan pelanggan dan pengiriman pesanan tetap berjalan baik,” ujar¬† VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak.

Secara order Tokopedia tidak bisa memberikan perbandingan penurunan order secara harian. Karena banyak faktor yang mendorong angka ini setiap harinya, terlepas dari event yg terjadi pada hari tersebut.

Sementara itu, Blibli.com mengatakan jumlah pesanan secara harian tidak menurun. Pasalnya banyak faktor yang mempengaruhi angka pesanan harian.

Secara traffic tetap stabil. Yang uniknya terjadi peningkatan dan shifting pencarian kategori ke produk-produk seperti genset, lilin, emergency lamp dan produk-produk penunjang mati lampu lainnya,” kata Deputy CMO Blibli.com, Ady Adrian.

Demikian berita ini dikutip dari CNNINDONESIA.COM untuk dapat kami sampaikan kepada pembaca sekalian.

Comment here